Simulasi Pencarian Rute Terpendek dengan Metode Algoritma A* (A-Star)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Oslan Juliana Simbolon

Abstract

Pencarian rute terpendek merupakan suatu permasalahan yang sering muncul pada pengguna sarana transportasi, karena para pengguna sarana transportasi dalam melakukan perjalanan memerlukan solusi untuk mendapatkan rute atau jalur tempuh terpendek. Hal ini eratkaitannya dengan efisiensi waktu, biaya, serta tenaga yang dikeluarkan. Algoritma A* menggunakan estimasi jarak terdekat untuk mencapai tujuan (goal) dan memiliki nilai heuristik yang digunakan sebagai dasar pertimbangan. Heuristik adalah kriteria, metoda, atau prinsip-prinsip untuk menentukan pilihan sejumlah alternatif untuk mencapai sasaran dengan efektif. Hasil pada penelitian iniadalah berupa realisasi program simulasi pencarian rute terpendek dari posisi asal ke posisi yang dituju (goal) dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual 2008. Representasi visual dari Graf adalahdengan menyatakan obyek sebagai simpul, dan hubungan antara simpul dinyatakan dengan Titik-titik. Program simulasi ini memberikan kemudahan untuk menentukan rute terpendek yanga kan dilalui dari posisi asal ke tujuan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Simbolon, O. J. (2022). Simulasi Pencarian Rute Terpendek dengan Metode Algoritma A* (A-Star). Login : Jurnal Teknologi Komputer, 16(1), 23-32. Retrieved from https://login.seaninstitute.org/index.php/Login/article/view/97

References

[1] Adhiwidjaja, S. B., Aditung, P., Rustan, A. D., Pranata, T. P., & Lisangan, E. A. (2020). Prototipe Aplikasi Peringatan DIni Covid-19 Berbasis Location Based Service. Konferensi Nasional Ilmu Komputer (KONIK), 682-686.
[2] Aditya, R., Pranatawijaya, V. H., & Putra, B. P. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Kegiatan Menggunakan Metode Prototype. JOINTECOMS (Journal of Information Technology and Computer Science), 47-57.
[3] Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan Desember , 127-133.
[4] Joshi, A., Kale, S., Chandel, S., & Pal, D. (2015). Likert Scale: Explored and Explained. British Journal of Applied Science & Technology, 397-403.
[5] Pressman, R. S., & Maxim, B. R. (2015). Software Engineering: A Practitioner’s Approach. New York: McGraw-Hill Education.
[6] Purnomo, D. (2017). Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi. JIMP - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 54-61.
[7] Syarifudin, A., & Ani, N. (2019). Rancangan Sistem Informasi Pengajuan dan Pelaporan Tunjangan Kinerja Kementerian Keuangan Menggunakan Metode Prototype. SISFOKOM, 149-158.
[8] Thohari, A. N., & Vernandez, A. B. (2020). Aplikasi Monitoring Kasus Coronavirus Berbasis Android. JTET (Jurnal Teknik Elektro Terapan), 12-17.
[9] Bambang Sridadi (2009), Pemodelan dan Simulasi Sistem, Penerbit Informatika Bandung
[10] Pranat, 2000, Algoritma dan Pemrograman dengan bahasa java, Penerbit Grahayu Ilmu, Yogyakarta.
[11] Dalem, I. B. G. W. A. (2018). Penerapan algoritma A*(Star) menggunakan graph untuk menghitung jarak terpendek. Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer), 1(1), 41-47.
[12] Rizky, R. (2018, November). Pencarian Jalur Terdekat dengan Metode A*(Star) Studi Kasus Serang Labuan Provinsi Banten. In Prosiding Seminar Nasional Rekayasa Teknologi Informasi| SNARTISI (Vol. 1).
[13] Senn, 2005, Analysis And Design Of Information System International, Penerbit McGraw-HILL, Singapore
[14] Suarga, (2006), Algoritma Pemrograman, Penerbit Andi, Yogyakarta.