Sistem Informasi Prasarana Desa pada Dinas Prasarana dan Wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan Berbasis Web

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Irene Sri Morina M.Kom

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari dan kebutuhan informasi yang tepat, cepat dan praktis sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan masyarakat dalam segala hal. Selama ini masyarakat desa yang ingin menyampaikan keluhan atas pembangunan prasarana mengalami kendala komunikasi dengan pihak Dinas Prasarana Wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan. Keterbatasan jarak dan komunikasi dan terlalu lama bila dengan surat menyurat membuat pihak desa, kecamata dan pihak Dinas Prasarana Wilayah menjadi jarang berhubungan langsung. Dalam penelitian ini dibangun sebuah sistem yang dapat menyelesaikan permasalah tersebut, yaitu dengan membangun sebuah Sistem Informasi Prasarana Desa Pada Dinas Prasarana dan Wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan Berbasis Web yang mencakup penyampaian keluhan atau kritik dan saran masyarakat, pengajuan proposal, memproses proposal, pelaksanaan prasarana secara online dengan menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan penyimpanan data menggunakan MySQL.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
M.Kom, I. S. M. (2022). Sistem Informasi Prasarana Desa pada Dinas Prasarana dan Wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan Berbasis Web. Login : Jurnal Teknologi Komputer, 16(2), 33-43. Retrieved from https://login.seaninstitute.org/index.php/Login/article/view/102

References

[1] P. Sihombing and S. Pakpahan, “Perancangan Sistem Informasi Kepegawaian Pada Badan Kepegawaian Dan Pendidikan Daerah Kabupaten Dairi,” Media Informasi Analisa dan Sistem, 2016. http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Jurnal_Means/article/view/9/9 (accessed Feb. 02, 2020).
[2] A. Frahmana Hakim, Y. Bismo Utomo, and D. Arie Widhining Kusumastutie, “Perancangan Sistem Informasi Inventaris Barang Di Laboratorium Fakultas Teknik Uniska Kediri,” Gener. J., vol. 3, no. 1, pp. 2580–4952, 2019.
[3] S. Sinurat, “Perancangan Sistem Informasi Pengumuman Dan Standard Operational Procedure (Sop) Akademik Pada Stmik Budidarma Medan Berbasis Animasi Dan Multimedia,” no. September, pp. 146–152, 2014, [Online]. Available: www.inti-budidarma.com
[4] G. M. Raghib, Yusup Indra Wijaya, and D. Retnosari, “Sistem Informasi Rekapitulasi Data Keuangan Evaluasi Pengadaan Sarana Dan Prasarana Desa Kabupaten Banjar Berbasis Website (Siskesdes).”
[5] F. Ilmi, F. Rahman, and G. A. Syafarina, “SISTEM INFORMASI PENYEDIAAN PRASARANA PERANGKAT DESA DAN PENGADMINISTRASIAN ASET DESA JELAPAT I KABUPATEN MARABAHAN BERBASIS WEB,” 2019.
[6] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet, 2016.
[7] S. Danang, Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi, 2013.