Perbandingan Algoritma Djikstra dan Floydwarshall untuk Mencari Jalur Terpendek dengan Contoh Kasus Mencari Rumah Sakit Terdekat di Kota Medan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fredy Sitinjak S.Kom

Abstract

Saat ini banyak sekali algortima-algoritma yang dapat digunakan untuk menyelesaikan persoalan penentuan jalur terpendek (shortest path problem) dari suatu jalur. Ada dua algortima yang cukup terkenal yang bisa digunakaan untuk menyelesaikan persoalan lintasan terpendek, yaitu Algoritma Dijkstra dan Algoritma Floydwarshall. Algoritma Dijkstra ini menggunakan prinsip greedy yang menyatakan bahwa pada setiap langkah kita memilih sisi yang berbobot minimum dan memasukkannya ke dalam himpunan solusi sedangan algoritma Floyd-Warshall menggunakan prinsip dinamis yang melakukan pemecahan masalah dengan memandang solusi yang akan diperoleh sebagai suatu keputusan yang saling terkait. Artinya solusi-solusi tersebut dibentuk dari solusi yang berasal dari tahap sebelumnya dan ada kemungkinan solusi lebih dari satu.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
S.Kom, F. S. (2022). Perbandingan Algoritma Djikstra dan Floydwarshall untuk Mencari Jalur Terpendek dengan Contoh Kasus Mencari Rumah Sakit Terdekat di Kota Medan. Login : Jurnal Teknologi Komputer, 16(1), 9-22. Retrieved from http://login.seaninstitute.org/index.php/Login/article/view/96

References

[1] Barus, B dan U. S. Wiradisastra. 2000. Sistem Informasi Geografi Sarana Manajemen Sumberdaya. Laboratorium Penginderaan Jauh dan Kartografi. Jurusan Tanah. Fakultas Pertanian. IPB. Bogor.
[2] Fakhri. 2014. penerapan algoritma dijkstra dalam pencarian solusi maximum flow problem. http://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/Stmik/2007-2008/Makalah2008/MakalahIF2251-2008-039.pdf (diakses 4 april 2014).
[3] Rinaldi. 2005. Matematika Diskrit. Bandung. Informatika.
[4] Raden Aprian Diaz Novandi. Perbandingan Algoritma Dijkstra dan Algoritma Floyd-Warshall dalam Penentuan Lintasan Terpendek (Single Pair ShortestPath). http://webmail.informatika.org/~rinaldi/Stmik/2006-2007/Makalah_2007/MakalahSTMIK2007-021.pdf (diakses 4 april 2014).
[5] Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta
[6] Thomas H. Cormen, Charles Eleiserson, Ronald L. Rivest. 1990. Introduction to Algorithms. USA. MIT press.