Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Hipertensi Menggunakan Metode Dempster Shafer

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fredy Sitinjak

Abstract

Penyakit Hipertensi atau darah tinggi adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah diatas normal yang ditunjukkan dengan angka systolic dan angka diastolic pada pemeriksaan tensi darah menggunakan alat pengukur tekanan darah. Sistem pakar adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli. Tujuan yang akan dicapai dalam pembuatan aplikasi sitem pakar adalah menerapkan metode Dempster-Shafer  pada sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit hipertensi berdasarkan gejala penyakit dan klasifikasi tekanan darah penderita hipertensi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sitinjak, F. (2021). Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Hipertensi Menggunakan Metode Dempster Shafer. Login : Jurnal Teknologi Komputer, 15(1), 51-55. Retrieved from http://login.seaninstitute.org/index.php/Login/article/view/101

References

[1] Arhami, M .2005. Konsep Dasar Sistem Pakar. Yogyakarta : Andi.
[2] Karyadi, E. 2002. Hidup Bersama Penyakit Hipertensi, Asam Urat, Jantung Koroner. Jakarta: PT Intisari Mediatama.
[3] Kusumadewi, S. 2003. Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta : Graha Ilmu.
[4] Noviyanti. 2015. Hipertensi, Kenali, Cegah & Obati. Yogyakarta : Notebook.
[5] Prasetio, A .2012. Buku Pintar Pemrograman Web. Jakarta : mediakita.
[6] Pudiastusti, R. 2011. Penyakit Pemicu Stroke (Dilengkapi Posyandu Lansia dan Posbindu PTM). Yogyakarta : Muha Medika.
[7] Ramadhani, S dkk. (2013). Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Layanan Kesehatan Di Kecamatan Lamongan Dengan PHP MySQL. Jurnal Teknika, Vol. 5 No.2.
[8] Simarmata, E. R. (2021). SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT HIPERTENSI DENGAN MENGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING DAN TOERI PROBABILITAS. METHODIKA: Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 7(1), 56–64.